"Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh .....Selamat Datang di website PKU Muhammadiyah Pakem. Telp. (0274) 896779. Untuk konsultasi, kritik, dan saran dapat melalui email: pkupakem@gmail.com...."

Minggu, 16 Desember 2012

Profile PKU Muhammadiyah Pakem

PROFIL 

SEJARAH 

Klinik PKU Muhammadiyah Pakem merupakan amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan (AUMKES) milik Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yang didirikan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pakem. 
Bangunan PKU Muhammadiyah Pakem berdiri di atas tanah wakaf keluarga besar Bapak Haji Muhammad Ilham S.H. dan wakaf para donatur. 
Klinik PKU Muhammadiyah Pakem mulai berdiri 1 Nopember 1999 dan resmi beroperasional sejak tahun 2000.

LOKASI 

PKU Muhammadiyah Pakem terletak di  Dusun  Pakem  Gede,  Kalurahan  Pakembinangun, Kapanewon (kecamatan)  Pakem, Kabupaten  Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 
·         Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan  0,3 km
·         Jarak dari wilayah kecamatan Turi  5 km
·         Jarak dari wilayah kecamatan Cangkringan 5 km
·         Jarak dari wilayah kecamatan Ngemplak  6 km
·         Jarak dari wilayah kecamatan Ngaglik 7 km
·         Jarak dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Sleman  15 km
·         Jarak dari Pusat Pemerintahan Propinsi Daerah Istimewa  Yogyakarta 17,5 km
·         Jarak dari puncak Gunung Merapi 15 KM 


FALSAFAH 

Klinik PKU Muhammadiyah Pakem adalah perwujudan dari amal shalih sebagai sarana ibadah dan dakwah yang dilandasi iman dan taqwa kepada Allah SWT dan cinta kasih kepada sesama


KEYAKINAN DASAR (CORE BELIEF)
  • Ibadah kepada Allah
Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku” (QS. adz-Dzariyat: 56)
  • Perwujudan Iman dan amal shaleh
Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, kelak (Allah) yang Maha Pengasih akan menanamkan rasa kasih sayang (dalam hati mereka)  (QS Maryam : 96) 
  • Misi dakwah islam amar ma’ruf nahi munkar 
Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung (QS Ali Imran 104)
  • Tanggung jawab sosial
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya (QS Al Maidah : 2)
Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?  Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya. Dan enggan (menolong dengan) barang berguna . (QS Al Maa’uun : 1-7)
  • Ikhtiar kesehatan
Dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku (QS. Asy-Syuara:80)
  • Peningkatan mutu secara berkelanjutan 
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. .. (QS. Al Baqarah: 148)

NILAI DASAR (CORE VALUE) : PKU-HEBAT

  • Profesional dan Peduli
  • Kerjasama, Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas
  • Unggul dan Islami
  • Handal
  • Efektif dan Efisien
  • Bersahabat 
  • Aman bagi pasien dan staf
  • Tanggap 

VISI

Menjadi Layanan Kesehatan yang Islami dan Unggul, Berorientasi Kepuasan Pelanggan dan Keselamatan Pasien dengan Berlandaskan Nilai-Nilai Syariah

MISI

  • Misi Kesehatan
Memberikan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara profesional berdasarkan  nilai-nilai islam
  • Misi Dakwah dan Sosial
Melaksanakan da’wah Islam, amar ma’ruf nahi munkar melalui pelayanan kesehatan yang terjangkau, bersahabat dan peduli pada kaum dhuafa’. 
  • Misi Kebencanaan
Meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat akan potensi bencana melalui sinergi dengan stakeholder lain dan pemberdayaan masyarakat.
  • Misi Perbaikan Tata Kelola Berdasarkan Nilai Syariah
    1. Membangun institusi syariah di bidang pelayanan kesehatan untuk mengabdi dan mencari ridha Allah SWT
    2. Meningkatkan mutu dan profesionalisme melalui pemberdayaan sumber daya insani  yang sesuai dengan ajaran Islam dan pedoman Muhammadiyah
    3. Membangun tata kelola organisasi yang sehat dan budaya organisasi yang kuat.
    4. Mengutamakan kepuasan pelanggan dan keselamatan pasien

                      TUJUAN

                      Terwujudnya Klinik PKU Muhammadiyah Pakem sebagai pusat pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat agar mampu beribadah secara optimal untuk tercapainya keluarga sakinah sebagai bagian masyarakat utama

                      JENIS PELAYANAN

                      • Instalasi Gawat Darurat 24 Jam
                      • Persalinan 24 Jam 
                      • Klinik Dokter Umum
                      • Klinik Dokter Gigi
                      • Klinik TB-DOTS
                      • Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KB, Imunisasi)
                      • Pelayanan Khitan oleh Dokter 
                      • Farmasi 24 Jam 
                      • Laboratorium  
                      • EKG 
                      • USG 
                      • Home Care & Home Visite 
                      • Peyuluhan Kesehatan Masyarakat
                      • Pembinaan UKS
                      • Pelayanan Ambulance 24 jam (Antar-Jemput Pasien)
                      • Pelayanan BPJS 24 jam
                      • Pelayanan Dana Sehat Muhammadiyah
                      • Pelayanan Pasien Kerjasama/Relasi (Asuransi)


                      STRUKTUR ORGANISASI

                      Badan Pelaksana Harian (Dewan Pengawas)
                      • Ketua : H. R. Agung Nugraha
                      • Anggota : 
                        • Yuni Anidar
                        • Gunung
                      Pimpinan
                      • Kepala : 
                        • dr. Safiqulatif Abdillah, MMR
                      • Wakil Kepala : 
                        • dr. Novi Yulia Kharisma
                      Unit-Unit
                      • Koordinator Keperawatan : 
                        • Virganita Indrakirana, AMK
                      • Koordinator Kebidanan : 
                        • Hudayah Tri setyowati, A.Md.Keb
                      • Koordinator Farmasi : 
                        • Agustina Arum Sari, S.Farm, Apt.
                      • Koordinator Administrasi dan Rekam Medik :
                        • Defi Dwi Astuti, A.Md
                      • Koordinator Rumah Tangga dan Fasilitas :
                        • Suparji
                      • PIC Keuangan :
                        • Atif Fitri Nurul Hayati, A.Md.
                      • PIC Relasi dan Pembiayaan :
                        • Fitri Nur Widyantari, A.Md.Keb
                      • PIC Sistem Informasi dan Pemasaran :
                        • Muhammad Ali Said, S.Mat.
                      PIC Non-Struktural 
                      • PIC Mutu dan Keselamatan Pasien :
                        • Septiana Hartanti, AMK
                      • PIC Pencegahan dan Pengendalian Infeksi :
                        • Dyah Ayu Sumartiwi, S.Si.T
                      • PIC Lazis-Mu :
                        • Suparji
                      • PIC Koperasi :
                        • Sumarni


                      Tidak ada komentar:

                      Posting Komentar